Pertama persiapkan mental, fisik, motor sehat wal'afiat serta kunci perlengkapan motor dan spare part cadangan motor seperti Kabel gas, kabel kopling, busi, bohlam lampu, bosh gear, CDI, sekring 15A 2 pcs dan baut knalpot.

Yang Terutama helm fullface, sarung tangan kulit full, protector dengkul dan sikut, jaket tebal rompi kulit berEmblem Depok Tiger Club, Ballack.

Karena Tradisi Depok Tiger Club dr awal berdiri tahun 2004 ya seperti ini dan itu merupakan hal yg wajib dalam berkendara motor jarak jauh, Apalagi nyebrang pulau.

Awal perjalanan tgl 24 Desember 2015 pada hari Kamis pagi pukul 07.00 start awal isi fulltank di SPBU Pertamina cibubur karena saya akan melalui jalur Pantura yg terkenal trek lurus nya yg panjang. Dengan penuh semangat saya pun ngeblar (istilah perTigeran) menuju jalur alternatif Cibubur - setu - cikarang - karawang - subang - indramayu - cirebon, sesampainya di Cirebon pukul 12.00 Wib saya pun mencari bengkel untuk mengganti oli Si BeTi (Black Tiger) dgn oli Federal oil supreme Xx 1L. -+ 30 mnt saya kembali membejek gas menuju kota Brebes - Tegal, di Tegal pun saya mengisi bensin fulltank tepatnya di SPBU muri yg terkenal akan kebersihannya dan terdapat 67 toilet bersih dan kamar untuk beristirahat (40 rb/malam) kemudian lanjut menuju kota Pemalang, ketika perjalanan pukul 15.00 wib perutpun mulai keroncongan saya memutuskan istirahat untuk makan di warung soto harganya 20 rb + nasi. -+ 40 mnt istirahat kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Pekalongan – Batang – Kendal - Semarang, Tiba di Semarang pukul 18.00 wib tepatnya di Terminal Terboyo, sayapun berhenti untuk istirahat sekedar minum kopi. Sekaligus memikirkan tempat bermalam untuk istirahat total, akhirnya saya memutuskan untuk istirahat total di Pati. -+ 2 jam perjalanan dari Semarang, setelah sampai Pati pukul 20.00 wib saya menghubungi club Tiger di Kota Pati yakni PANTER (Pesantenan Tiger Riders) ada salah satu anggotanya yg bernama bro aziz datang menjemput saya, kemudian di arahkan ke basecamp mereka di Fairuz Car Wash (Rando Kuning). Sekitar 10 orang member PANTER diantaranya bro broto, bro pepeng, bro klewang dan bro Indra dr TSC ( Tiger Semarang Club ) menyambut kedatangan saya.

Tradisi anak Tiger setiap ada tamu mampir jangan sampe tamu kelaparan (mayan makan gratis).

Jam menunjukan pukul 23.00 wib setelah asik ngobrol matapun terasa ngantuk sayapun langsung tepar alias tidur.

Alarm hp pun berbunyi pukul 05.00 wib hari Jumat tanggal 25 Desember 2015, saya pun langsung mandi dan kembali bersiap untuk melanjutkan perjalanan menuju kota Rembang-Tuban-Lamongan. Pukul 06.00 wib start dari Pati dan tiba di Lamongan pukul 08.00 wib istirahat untuk sarapan roti dua bungkus dan susu indomilk di Indomaret. -+ 30 mnt kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Gresik - Surabaya. Tiba di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pukul 10.00 wib pastinya saya foto2 dengan patung ikon surabaya ( buaya & hiu ) ternyata banyak polisi yg berjaga disana karena bertepatan dengan hari raya Natal dan ada salah satu dr mereka minta foto bareng sm saya "kapan lagi foto sm anak club Tiger" kata polisi nya.

Setelah puas sayapun tancap gas menuju kota Sidoarjo – Pasuruan - Probolinggo. Di jalan saya bareng rider vixion kota Malang yg berboncengan dengan istri nya, saya pun di ajak riding bareng mereka, dan berpisah dipertigaan jalan kalo kiri ke Pasuruan kalo kanan ke Malang, sayapun ambil kiri menuju Pasuruan. Jam pun menunjukan pukul 12.00 wib saya tiba di Probolinggo untuk mengisi perut yg keroncongan di warung soto babat Kota Probolinggo harganya 20 rb + nasi. Pukul 13.00 wib lanjut tancap gas menuju kota Situbondo - Banyuwangi. Di Kota Situbondo saya ngisi bensin fulltank Dan akhirnya pukul 16.00 wib saya pun tiba di Pelabuhan Penyebrangan Ketapang Banyuwangi, segera beli tiket untuk nyebrang sebesar 24 rb. Parkir langsung di kapal menuju pulau Bali, dan pastinya foto2 diatas kapal (maklum baru pertama kali naek kapal menuju pulau Bali) haha

di tengah penyebrangan jam menunjukan pukul 17.40 WITA "loh kok jam saya tiba2 error gini ya, ooo iya baru inget beda waktu Bali dan Jawa kan lebih cepat Satu jam yah,, haha maklum baru kali ini ke Bali"

pukul 18.30 wita kapalpun nyender di Pelabuhan Gilimanuk. Blar...blar... Sayapun dgn semangat mbejek gas lagii. Eittt ga ketinggalan buat foto2 di gapura ikon Pulau Bali. Lanjut jalan lagi menuju Negara-Tabanan-Denpasar.

Setelah asik ngaspal dr Gilimanuk yg aspal nya halus, sayapun tiba di Kota Denpasar pukul 21.00 WITA tepatnya di Harris Hotel tp di depannya doang, di pedagang sate madura untuk makan malam lumayan 15 rb + lontong skalian rebahan / lempengin badan. Matapun berasa berat pengen di tidurin mumpung di depan hotel, tp pasti mahal klo nginep disana akhirnya sayapun ngeBlar pukul 22.30 WITA menuju Pelabuhan Padang Bai untuk nyebrang ke Pulau Lombok. Estimasi waktu perjalanan dr Denpasar ke Pelabuhan Padang Bai -+ 1 jam. Sebelum masuk Pelabuhannya saya mampir ke warung buat beli air minum botolan dan cemilan. Pukul 23.40 WITA Lanjut beli tiket penyebrangan ke Lombok seharga 124 rb namun untuk masuk ke kapal nya harus ngantri panjang mungkin bebarengan dengan libur panjang kali ya. Pukul 00.30 wita hari Sabtu tanggal 26 Desember 2015 saya dan BeTi (Nama Tiger Saya) masuk ke perut Kapal. Eh ternyata di kapal saya bertemu dengan Caang (Calon Anggota) BHTC (Banten Honda Tiger Club) yg bernama Ujan dan Farhan, tujuan akhir mereka hanya ke Lombok saja. Akhirnya ada temen ngobrol di Kapal, namun di dalam kapal kami tidak kebagian tempat untuk duduk bahkan ad calo yg menawarkan  matras untuk tidur seharga 50 rb dan kamar 150 rb, kami pun menolaknya dan dapat tempat istirahat di atas emperan kapal. Pukul 01.00 wita. suara klakson kapalpun berbunyi menandakan kapal hendak brangkat. Setelah asik ngobrol ngalor ngidul tentang dunia perTigeran Indonesia mata sayapun lemah tak berdaya untuk segera di pejamkan. Dengan Tangbag "Depok Tiger Club" yg diibaratkan sebagai bantal sayapun tidurrr..

Teeeeeet..suara klakson kapal berbunyi kembali dan Jam mnunjukan pukul 05.00Wita. akhirnya kapal nyender di Pelabuhan Lembar, Lombok.
Ga ketinggalan untuk update status bbm "pagi Lombok".

Sayapun langsung menghubungi teman saya anggota dari LOTIC (Lombok Tiger Club) untuk segera standby di kota Mataram, namun setelah beberapa kali di telpon tidak ada respon. Saya berfikiran " mungkin blum bangun karena masih subuh". Blaar.. Saya dan Caang BHTC pun kluar dr perut kapal untuk melanjutkan perjalanan ke Lombok, sekitar 30 menit kami berhenti sejenak untuk ngopi2 di alfamart skalian menunggu teman saya bro Yayan dr LOTIC itu bangun. -+ 1 jam ngopi + ngobrol kami di hubungi oleh Ketua Umum LOTIC ( Lombok Tiger Club ) bro Sabrina untuk segera menunggu di MGM Supermarket Kota Mataram. Blaaarr blaaarr kamipun langsung tancap gas ke kota Mataram. -+ 30menit kami sampai di depan MGM Supermarket langsung di jemput oleh bro Hendra member LOTIC dan diajak pula sarapan dan ngopi.

Akhirnya bro yayan pun bangun member LOTIC yg td subuh saya telfon. Langsunglah kami beristirahat di cafe beliau, kebetulan ada kamar di belakangnya. Krna kami sudah tidur di kapal walopun kurang pulas, kami ingin berangkat ke Gili Trawangan mumpung blum terlalu siang, lsg persiapan sendal jepit,celana pendek untuk di pakai di gili trawangannya. Pukul 10.00 Wita saya,bro ujan "bhtc",bro farhan "bhtc", bro yayan "lotic",bro najib " lotic" berangkat menuju gili trawangan dan pastinya hrus mengisi bensin fulltank.. -+ 1 jam prjalanan dgn aspal yg mulus dan trek yg banyak tikungan,turunan,tanjakan akhirnya kami smpai di Bangsal, dan memarkirkan Motor kami di tempat penitipan.

Tiket penyebrangan menuju Gili Trawangan sebesar 20 rban. Yg hanya ikut saya bro ujan dan bro farhan saja sedangkan bro yayan dan bro najib hanya mengantar sampai Bangsal. Dengan perahu yg hanya dr kayu -+ 30 mnt kita smpai di Gili Trawangan. Pukul 12.00 Wita kami pun sampai di Gili trawangan. Bule nya banyak banget disini jg ga ada motor yg ada hanya sepeda itupun hrus sewa. Setelah puas mengelilingi dan foto2 di Gili trawangan, perut kami pun lafar, dan lsg memesan bakso. Seporsi harganya 20 ribuan lumayan buat ganjel perut. Kata bro yayan  kalo mau nyebrang arah pulang lebih baik sebelum jam 16.00 Wita. Kalau lebih dari jam segitu perahu tidak ada yg beroperasi. kita beli tiket pulang lg pukul 15.00 Wita dan sampai di Bangsal pukul 15.40 Wita kemudian langsung membayar parkir motor sebesar 5 rb / mtr.. Tancap gas lg menuju cafe bro yayan yg di jln tumpang sari mataram. Sekitar 1jam kita sampai di cafe nya bro yayan dan kami pun langsung tepaar lurusin badan.. Malamnya pun saya mengganti oli motor di mataram.. Krna Perjalanan saya pun tidak berakhir sampai di lombok saja,besok pagi saya akan mmmbejek gas lg menuju pulau Sumbawa.

Brrrrtt...brrrttt.. Alarm hp saya pun bergetar menunjukan pukul 04.30 wita hari minggu tanggal 27 Desember 2015.. Waktunya persiapan, siapkan pakaian dan pasti ny harus mandi dulu sebelum tancap gas.. -+ 30 mnt persiapan + sarapan. Pukul 05.00 Wita saya di antar oleh bro yayan "lotic" dan bro najib "lotic" berangkat menuju pelabuhan kayangan di ujung pulau lombok. -+ 1,5 jam perjalanan, pukul 06.30 wita saya telah sampai di pelabuhan kayangan dan segera membeli tiket penyebrangan sebesar 54 rb.. Braakkkkk.. Standar dua pun sudah tersandar di perut kapal.. Suasana kapal pun sepi karena ga banyak penumpang, saya duduk di samping ruang nahkoda kapal tiba2 ada bapa2 setengah tua dtg menghampiri dan bertanya ke saya dgn logat ketimuran.

B: bp
S: Saya


Percakapan:


B:  mau kmn mas?
S:  mau ke Bima pak.bp mw kmn?
B:  mau ke sumbawa besar, emg mas drmna?
S: dari depok pak, jakarta (dlm hati mah depok tuh jakarta pinggirnya,haha)
B: ooo jakarta, jauh skali ya..lg turing ya?
S: iya pak mumpung libur kerja,
Oia pak, sumbawa aman dr begal/penjahat kan pak?.
B: aman mas g ada penjahatnya, tp ati2 disana msh banyak makhluk gaib.
S: oh gitu ya pak, emg siang2 ad jg pak?
B: ada jg yg iseng mas. Lbh baik sebelum maghrib hrs udh brenti trus pagi jln lg.
S: oh gitu ya pak, untung saya dr pagi pak
B:  iy mas, paling sampai bima nya sore mas
S:  makasih ya pak, silahkan pak minum (saya menawarkan air mineral dlm kemasan botol)
B:  iya mas,saya minum ya


Akhirnya setelah ngobrol lama kapal pun nyender lagi di pelabuhan Pototano sumbawa pada pukul 07.50 wita
Blar lg pukul 08.00 wita menuju Bima -+ 390 km lg melewati alas - utan - sumbawa besar – lape - plampang - Dompu - Sila - Bima.

Dan tidak lupa untuk Isi fulltank bensin di SPBU sumbawa besar, sungguh Luar biasa aspal pulau sumbawa selain aspal yg mulus seperti sirkuit tikungannya yg ajib tanjakan dan turunannya jg bikin nagih. Jalanan sepi dr pengendara motor maupun mobil pribadi, hanya ada truk serta bus2 itupun hanya sebentar. Sebelah kiri terhampar lautan yg luas sedangkan sebelah kanan ad pohon2 yg menjulang tinggi dan jg sesekali ada tebing2.

Banyak jg hewan2 peliharaan warga sekitar yg lalu lalang, seperti kambing,sapi,kerbau serta hewan liar seperti kucing,anjing,ular.

Konon nya sih klo kita sampe nabrak salah satu hewan peliharaan warga disana,kita di denda untuk mengganti rugi harga hewan itu selama 7turunan.

Bayangin berapa harganya ya. Kalaupun ada org yg sengaja mencuri hewan peliharaan maka org itu bakal di bakar hidup2.. Buseh ngeri juga pantesan ga ad penjahat.

Dalam perjalanan jg saya sesekali melihat bangkai anjing,kucing dan ular yang terlindas di jalan.

Saya jg ga lupa untuk mengabadikan moment dlm perjalanan dlm bentuk foto, sesampainya di daerah "Nanga Tumpu" sayapun berhenti turun dari motor untuk foto tp saya heran kenapa botol air minum yg baru saya beli di pelabuhan pototano hilang bersama tali2 nya pdahal ikatannya cukup kuat loh jalan mulus tida ada lobang kalaupun jatuh msh terdengar dan berasa, sedangkan botol air minum yg bekas msh ada terikat dgn tali yg lain. Pikiran saya pun lsg mengarah ke makhluk gaib jail yg td di ceritakan bp2 d kapal.. Jelas saja orang jalanan nya sepi banget, tidak berlama2 saya langsung naek motor dan tancap gas lg. Dlm perjalanan punggung saya merasakan ada nyolek pdhal siang loh..brrrrr buluk kuduk berdiri lsg saja saya baca2 ayat kursi. Perjalanan pun normal kembali.

Teeeeng.. jam pun menunjukan pukul 12.00 WITA dan tak terasa saya sudah memasuki kota Dompu dan berhenti pas pertigaan (kalo ke kiri arah gn.tambora sdgkan kekanan arah Bima) untuk makan siang di warung makan khas daerah sana harganya pun relatif murah 20 rban. Selesai makan siang saya tancap gas lagi menuju kota nya Dompu -+ 30mnt lg, blarr..blaar... Ketika sedang enaknya riding tiba2 saya di klakson panjang dr arah belakang, fikiran saya akan terjadi apa2 namun ketika saya tengok ternyata yg klakson itu Ketua Umum DOTIC ( Dompu Tiger Club ) bro Jen.. Sayapun berhenti dan diajaknya untuk ngopi dan ngobrol di daerah Rora Dompu sekitar pukul 13.00 WITA.. lumayan gratis lage..

Asik ngobrol sampai jam 14.00 wita saya pamit untuk melanjutkan perjalanan menuju kota Bima. Bro Jen DOTIC mengantarkan saya ke arah perbatasan Dompu - Sila. -+ 1 jam saya sampai di daerah Talabiu disana ada member Vixion kota Bima,saya pun diajaknya ngopi kembali selagi menunggu member BiTC (Bima Tiger Club) untuk menjemput saya. Kopi pun blm sempat saya habiskan bro Ardi dr BiTC pun datang menjemput saya, langsung tancap gas lg menuju kota Bima. Di tengah perjalanan saya sempat foto2 dgn bro Ardi BiTC di gapura slmt dtg kota Bima lalu mampir ke SPBU untuk isi fulltank bensin.

Setengah jam perjalanan tibalah saya di beskemp nya BiTC (Bima Tiger Club) tptnya di dealer motor Honda sekitar jam 16.00 wita di sambut oleh member BiTC diantaranya bro Haris "Mekanik",Bro Reza, bro ardinata,bro diko, bro eric, bro deden, bro aron, bro adi, bro eja.. Mantaplah akhirnya sampai juga di Kota Bima kota tepian air.. Kata salah satu member BiTC " Kalemboade ya bang di Bima". Siyaap jwb saya.

Satu Tiger Sejuta Saudara.

Sayapun langsung diberikan makan dan pindah ke rumah salah satu member BiTC yakni Bro Joes 002. Malampun tiba saya di ajak nongkrong di Taman Amahami untuk menikmati malam di kota Bima bersama teman2 dr Bima Tiger Club. Pukul 23.00 WITA saya bersama bro joes BiTC pulang kerumahnya, Bro Joes BiTC ini juragan kontrakan ada sekitar 20 pintu kontrakan milik dia di Bima. Sayapun tidur di salah satu kontrakan dia yg belum terisi. Lalu paginya saya akan ngaspal kembali menuju Pelabuhan Sape (titik nol nya Pulau Sumbawa/NTB) ini lah tujuan akhir saya. Dpt kabar dr anak Dompu Tiger Club bahwa ada member GTR ( Garut Tiger Riders ) sedang On the way Bima, dengan senang hati saya mendengar karena bakal nambah teman baru, lagi enak2nya nungguin eh ternyata saya malah ketiduran. Kriiing..krinnngggg alarm hp pun berbunyi pukul 05.00 WITA hari Senin Tanggal 28 Desember 2015. Saya kaget karena sebelah saya ada seorang laki2, ternyata eh ternyata dia adalah member GTR (Garut Tiger Riders) yg smalem sy tungguin, namanya bro iwan jam 02.00 Wita baru smpai Bima, tujuan akhir dia adalah Timor Leste. -+ 1 Minggu lagi perjalanan menuju Timor leste dr Kota Bima.
Jam pun menunjukan pukul 06.00 wita saya bergegas mandi dan persiapan menuju Pelabuhan sape,ternyata bro iwan GTR pun mau ikut riding bareng. Setelah persiapan selesai kami pun langsung menghubungi bro Joes BiTC untuk segera di antarkan menuju Pelabuhan Sape.

Tepatnya pukul 08.00 WITA kami meluncur menuju Pelabuhan Sape bersama Bro Joes BiTC, Bro Deden BiTC, Bro Rizki BiTC, Bro Iwan GTR, di tengah perjalanan menuju Sape kami berhenti sejenak untuk sekedar foto2, jalanan nya pun lebih byk turunan dan tikungan yg banyak. Tiba di Pelabuhan Sape pukul 09.30 WITA. Langsung lah saya bersama member BiTC dan GTR bernarsis ria tempat ini.

Namanya jg anak motor fotonya ga jauh dri Plang sama tugu selamat datang.

Bro iwan pun langsung membeli tiket penyebrangan dari Pelabuhan Sape menuju Labuan Bajo NTT,, untung nya pas ada kapal yg mau nyebrang ke labuan bajo pukul 10.00 wita, karena kapal tujuan Labuan Bajo hanya Sekali dalam sehari. luar biasaaa nyebrang lg cuy, dan itupun treknya masih jauh untuk sampai di Timor Leste.
Saya mah cukup sampai Sape aja sudah seneng, maklum namanya juga Pegawai harus masuk kerja di Tanggal 4 Januari 2016.

Setelah puas nikmatin indahnya Pelabuhan Sape pukul 12.00 WITA saya persiapan pulang menuju kota Bima kembali. Jalurnya balik nya pun sama seperti jalur berangkat, namun sebaliknya jalur nya banyak tanjakan serta tikungan, pas di tikungan U turn disini saya sedikit TeTi (Tekor Tikungan) hampir saja tergelincir, karena saking menikmati tikungan demi tikungan yg sudah d lalui, pas di tikungan U turn tersebut saya kaget, Untung msh bisa menjaga keseimbangan motor saya. Jantung pun berdetak lbh kencang. Haha

Pukul 13.30 WITA saya sampai kembali di rumah bro Joes BiTC di Bima.. Persiapan untuk pulang menuju cafe bro yayan di Mataram karena sebagian barang bawaan saya di titipkan disana.

Pukul 14.00 Wita saya pun di antarkan oleh bro Rezha BiTC sampai Perbatasan Kota Bima. Blaar..blarrr sayapun riding menuju Sila – Dompu – Plampang – Lape - Sumbawa besar – Utan –Alas - Pelabuhan Pototano.

Sesampainya di Dompu saya isi fulltank bensin kemudian makan siang. -+ 40 menit istirahat pukul 16.00 wita saya langsung tancap gas lagi, takutnya pas keluar perbatasan Dompu saya kena maghrib. Konon nya daerah antara Dompu dan Sumbawa Besar itu daerah yg rawan makhluk gaib. Ihhhh sereeemmm.. Blaaarrrrr..blaaarrr ssuara knalpot tiger saya pun berbunyi dan akhirnya sudah melewati perbatasan antara Dompu dan Sumbawa Besar.. Dah saya sudah bisa melihat gapura "selamat datang di Sumbawa Besar".. Akhirnya lega juga setelah melewati yg konon katanya daerah rawan makhluk goib..

Sayapun isi fulltank bensin kembali di SPBU Sumbawa Besar.. Riding kembali menuju Utan - Alas - Pototano.. Sesampainya di Pelabuhan Pototano pukul 20.00 Wita, langsung membeli tiket penyebrangan menuju pelabuhan Kayangan,Lombok sebesar 54 rb.

Pukul 21.40 wita pun saya tiba di Pelabuhan Kayangan, Lombok. Langsung tancap gas menuju tempat bro Yayan di Mataram. Akhirnya pukul 23.30 Wita sampailah saya di Cafe Bro Yayan. Disana msh ada bro ujan " BHTC" bro Farhan "BHTC" yg lg persiapan mau pulang kembali ke Banten.. Setelah mereka pamitan sayapun langsung ambil posisi untuk molorrrrr time.. Haha

Pagi mataram "update status bbm saya" pd hari Selasa tgl 29 Desember 2015 pukul 08.00 wita, langsung mandi + sarapan. Setelahnya sayapun menyalakan motor untuk nyari bengkel krna sudah waktunya ganti oli, soalnya abs menempuh jarak -+ 1000 km ( mataram – bima – sape – bima – mataram )
Oli pun saya sudah ganti,dan kembali ke cafe bro yayan untuk pamitan pulang.
10.00 wita tancap gas menuju pelabuhan lembar, -+ 1 jam perjalanan saya tiba di pelabuhan lembar dan langsung membeli tiket penyebrangan menuju pelabuhan padang bai seharga 124 rb.. Brakkk... Standar dua sudah disandarkan di dek kapal, banyak pedagang yg menghampiri saya, krna perut saya lapar akhirnya saya beli 2 nasi bungkus isi daging yg di suir2 kecil seharga 20 rb. Lanjut naek ke atas kapal ternyata fasilitas kapal ini lebih bagus ad ruangan ber AC, tv + dvd, tmpt charge hp gratis. Berbanding terbalik ketimbang kapal yg saya tumpangi waktu keberangkatan saya dr bali menuju lombok..

Pukul 15.30 wita saya mendarat di pelabuhan Padangbai langsung stater motor dan tancap gas lg menuju kota Denpasar krna saya mau mampir ke Bali Tiger Club (BTC), sesampainya di Denpasar pukul 16.30 Wita saya langsung menghubungi member dr BTC yakni bro edi"gondrong", bro jerry, bro sis.. Karena mereka sibuk dengan pekerjaannya sayapun di arahkan melalui telpon menuju jln kenyeri II.. Setibanya di jln kenyeri II kebetulan tanpa di sengaja saya bertemu dengan bro Sugeng BTC bersama istri dan anaknya baru pulang dari Jember (kampung halamannya).. Ternyata di rumah kontrkan ini ada 3 member BTC yg tinggal diantaranya Ketua Pengurus Daerah "Kapengda" bro Edi Gondrong BTC, bro jerry BTC dan bro Sugeng BTC. Ahirnya bisa lempengin badan sekalian istirahat total Bali.. Pukul 18.00 Wita Lanjut diajak makan oleh bro jerry BTC ke rumah makan banyuwangi, ternyata lalu lintas di Bali tuh macet juga yah.. 20.00 WITA sampai lah d rmh kontrakan di jln kenyeri II, disana sudah banyak member BTC yg nunggu saya termasuk Pak kapengda Bali bro edi gondrong dan yg lain saya lupa namanya. Keasyikan ngobrol ttg dunia perTigeran mata sayapun berasa berat dan selanjutnya saya tidur di kamar bro jerry BTC..

Kriinggg....krinngggg.. Suara alarm hp pun bunyi pukul 05.00 Wita hari Rabu Tanggal 30 Desember 2015.. Niat saya hari ini ingin mengunjungi pantai kuta dan langsung pulang ke Depok. Pukul 09.00 saya pamit ke bro Edi gondrong,bro jerry, dan di antar oleh bro sugeng menuju pantai kuta... 30 menit perjalanan sampailah di tugu pantai kuta, dan langsung foto2. Cekrek..cekrek..

Bro sugeng pun pamit untuk melanjutkan perjalanan bersama istri dan anaknya ke rmh saudaranya. Sayapun di berikan pengarahan untuk bisa menikmati pantai kuta, double six. "Sip lah kalo begitu" cetus saya.. Langsung aja jalan kaki ke Hard rock cafe Bali cuma numpang foto doang biar kaya yg laen.. Namanya jg anak motor.. Ternyata disini panas nya luar biasa apalagi pas jam 11.00 WITA.. Huffft..

Jam 11.40 wita saya menghubungi via sms bro edi btc bahwa saya mau lanjut ke pelabuhan Gilimanuk, beliau pun menelpon saya apabila nyasar di bali hubungi aja lg nanti dijemput... siyaaplah jwb saya..

Pukul 14.30 wita sampai lah di pelabuhan gilimanuk ,langsung beli tiket menuju pelabuhan Ketapang seharga 24 rb.

Pukul 15.30 WIB saya menginjakan kaki di pulau jawa.. AlhamdULILLAH walaupun perjalanan msh panjang.. Dan selanjutnya jalur pulang yg akan saya lalui yakni jalur selatan karena jalur berangkat sudah lwt utara.. Biar berasa nikmatin jalananya.. Haha
Lanjut nyari warung nasi untuk makan sore.. Nemulah warung nasi banyuwangi di sebelah kanan jalan..-+ 40 mnt istirahat dan makan (nasi + daging ayam + lalapan) sebesar 20 rb.
Saya riding lg menuju kota banyuwangi – jember - lumajang. Dlm perjalanan pulang sering ketemu sama air ujan terutama di Banyuwangi. Krna ga bawa jas hujan sayapun terus melanjutkan perjalanan, biarpun lepek di jalan nanti jg bakal kering dijalan, karena Depok masih jauh bro. Di SPBU Kota jember saya isi fulltank bensin lanjut riding lagi akhirnya
Pukul 20.00 Wib saya sampai di kota Lumajang, istirahat sebentar untuk ngopi biar ga ngantuk kalo riding malam hari.. -+ 30 menit selesai ngopi lanjut riding menuju kota Malang yg pastinya melewati Piket Nol jalur yg banyak tikungannya udah gitu jalannya sempit pula. Pukul 21.00 wib saya pun melewati jalur Piket Nol yg sepi ini dengan hati deg2an dan perasaan yg was2, jelas saja tidak ada lampu jalan, kiri jurang kanan tebing gunung.. Sereeeem..

pukul 22.30 wib saya sampai di Dampit untuk istirahat makan baso malang.. -+ 30 mnit lanjut mmmbejek gas lage menuju kota malang - blitar - tulungagung. Nah pas di kota tulungagung sekitar pukul 23.50 Wib mata saya pun ga bisa di ajak kompromi alias sudah ngantuk berat, ngendarain motorpun sering salah jalur, drpd berakibat fatal saya putuskan untuk istirahat total di SPBU 24 jam kota Tulungagung. Selesai parkir motor kemudian saya lepaskan cangklong busi (taruh di saku celana) dan melepaskan kabel2 motor di sebelah kiri mesin serta menggembok rante motor. Setelah itu saya ngmong ke petugas SPBU untuk minta tolong jagain motor. Hal ini bertujuan untuk mencegah hilangnya motor, namanya juga di kampung orang cuy. Akhirnya bisa molor juga di emperan musola Spbu tulungagung, setelah 5 jam tidur,  pukul 05.00 wib hari kamis tgl 31 Desember 2015 saya kembali memasangkan cangklong busi, lepas gembok dan menyambungkan kabel2 pd mesin motor sebelah kiri.

Lanjut riding menuju kota Trenggalek - Pacitan. Pas di kota Trenggalek menuju pacitan disini lah mulai trek / jalur yg banyak tikungan nya, ga kehitung brp banyak tuh tikungan.. Mantap lah..
Setibanya di perbatasan Pacitan saya memutuskan untuk lewat jalur lintas pantai, lagi2 banyak tikungannya dan benar2 melewati banyak pantai, yg saya ingat hanya pantai klayar dan soge saja yg lain lupa namanya.. Setelah masuk kota Pacitan pukul 07.15 Wib mampir sebentar ke SPBU untuk mengisi fulltank bensin, lanjut riding ngambil jalur menuju Wonogiri - Solo. Lagi2 jalur ini pun banyak tikungannya.. "Hhuuuuh luar biasa ya indonesia indah bro.. Makanya jgn d rumah aja".. Haha omongan saya d dlm helm..

Setelah lwt wonogiri sampai jg di SPBU kota Solo pukul 10.20 Wib untuk mampir sekedar ngisi fulltenk bensin. Di telpon lah saya oleh teman kerja saya yg kebetulan sedang pulang kampung di Solo, akhirnya saya singgah di rumah dia, dan langsung istirahat total disana. Saya pun tidak merasakan indah nya malam tahun baru karena badan berasa cape. Tgl 1 Januari 2016 Hari Jum'at Pagipun sudah menjelang di Kota Solo saya langsung mempersiapkan barang bawaan di motor. Pukul 09.00 Wib langsunglah saya bablasin riding ke arah jalur pantura, yakni boyolali – salatiga - semarang.. Sesampainya di perbatasan Semarang Hujan pun turun sangat deras sekali, dr badan sampai kaki basah semua. Tiba2 motor sayapun brebet dan langsung mati total, mungkin akibat dr hujan yg sangat deras ini. Pikiran saya sudah menuju ke cangklong busi yg basah terkena cipratan air hujan. Menepi dahulu di sebuah warung untuk menanyakan bengkel motor yg buka. Namun penjaga warung menegaskan bahwa jarang sekali bengkel motor buka pas tanggal merah apa lagi setelah tahun baru, oia saya baru sadar. Mau ga mau sayapun mendorong si BeTi (nama motor Tiger saya) dgn kondisi hujan deras sampe nemuin bengkel buka. Setelah -+ 30menit dorong Alhamdulillah ada bengkel buka dan ad kompresornya, lepas cangklong busi kemudian langsung menyemprotkan angin dr kompresor ke arah lubang cangklong busi beberapa saat kemudian saya pasangkan cangklong businya, jrenggg jrengg akhirnya motor saya nyala kembali.. Langsung tancap gas lagi ke arah Kota Semarang - Waleri – Kendal – Batang – Pekalongan – Pemalang - Tegal.

Pukul 15.00 Wib Sampai di Tegal juga akhirnya, saya berencana istirahat total di Tegal, kebetulan ad bro Aris D#110 member DETIC yg membuka usaha toko perlengkapan touring motor, dari mulai tankbag, jaket, sweater, jumper, rompi dan sebagainya ada lengkap di toko itu. Setelah menghubungi bro Aris saya di arahkan langsung menuju jln Ar.Hakim kota Tegal. Tanpa basa basi sayapun langsung gas slow ke jalan itu, setelah setengah jam akhirnya sama bertemu dengan bro Aris D#110 di toko nya yg bernama "Tegal Bikers Shop" di jln. Ar.hakim pukul 15.30 Wib.

Lg Asyik2 ngobrol tentang perjalanan ke Bima - Sape sendirian, mata sayapun ga bisa diajak kompromi, tidurlah saya di toko nya bro Aris, ada Ac nya pula... Hmmm makin nyenyak nih.. Hehe… Gak nyangka jam udh pkul 20.00 wib saya terbangun lsg di sediakan baso tegal, mantap makan gratis mulu nih. Kebetulan ada bro Yaneez member TTC ( Tegal Tiger Club ) yg dtg ke toko ini.
Makin asyik deh ngobrol nya tau2 udah jam 23.00 Wib aja. Waktunya tutup toko, bro yaneez TTC pun pulang. Saya dan bro Aris tutup toko dan pindah ke kost an untuk istrahat tidur disana.

Hari sabtu tanggal 2 Januari 2016 pukul 09.00 wib sebelum melanjutkan perjalanan ke Depok saya di antar oleh bro Aris D#110 untuk mengganti oli di salah satu bengkel di Tegal.
Pukul 10.00 Wib lanjut Riding menuju kota Brebes – Cirebon – Indramayu – Subang – Cikampek - Karawang. Sampailah di Karawang pukul 13.00 wib sayapun mampir ke SPBU untuk mengisi fulltank bensin skaligus ngopi + ngemil.. -+ 40 menit   istirahat riding nya di lanjutkan menuju Cikarang – Setu - Jln alternatif cibubur - Depok.

Alhamdulillah, Setelah perjalanan hampir 10 hari akhirnya saya tiba di Rumah saya tercinta pukul 16.00 wib. Motor pun luar biasa dekil nya, saya punya rencana kalo ni motor ga bakalan saya cuci selama seminggu, krna sayang masih ada tersisa debu dari Sape. Haha

Mumpung mlm ini malam minggu dan nanti malam ada agenda Kopdar DeTiC ( Depok Tiger Club ) di sevel Pesona Khayangan, maka saya pun lanjut ikut kopdar dan menceritakan perjalanan solo touring saya ke Sape, sama seperti apa yg telah saya tuliskan hari ini.

Inilah kisah perjalanan touring saya ke Sape. Kisah ini tidak terjadi begitu saja. Siapa tau aja ada pihak sponsor yg liat ini cerita lalu bisa diajak kerja sama nanti kalo touring lagi baik itu ke Timor leste atau ke Kilometer 0 indonesia di Sabang. Hehe

**jalur berangkat lewat pantura ( Pulau Jawa )
Depok – Semarang – Surabaya - Banyuwangi (-+ 1080 km)
**Pulau Bali**
Pelabuhan Gilimanuk - pelabuhan Padang Bai (-+ 170 km)
**Pulau Lombok**
Pelabuhan Lembar - pelabuhan kayangan (-+ 110 km)
**Pulau Sumbawa**
Pelabuhan Pototano - Bima (-+ 370 km)
Pelabuhan Pototano - Pelabuhan Sape (-+ 405 km)


**Jalur pulang lewat jalur selatan pulau jawa
Banyuwangi – Jember – Lumajang – Malang – trenggalek – pacitan – solo – semarang – tegal - Depok ( -+ 1240 km )
Total jarak tempuh -+ 4430 km

 

Biaya perjalanan


Ganti oli 4x @50rb =200rb
Tiket penyebrangan PP
(Ketapang - Gilimanuk = 48 rb)
(Padang Bai - Lembar = 248 rb)
(Bangsal - Gili trawangan = 40 rb)
(Kayangan - Pototano = 108 rb)

Bahan bakar (Bensin) -+ 1 jt
Makan & minum -+ 500 rb
Total biaya sekitar -+2.5 jt

 

Salam D#188

 

 

 

November 2018
S M T W T F S
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30
Go to top